Sukses Mengelola Mini Market

Toko kelontong atau minimarket adalah tempat untuk pendistribusian barang yang terakhir yang langsung berhubungan dengan seorang konsumen. usaha sebuah toko kelontong atau mini market ini memiliki potensi keuntungan yang sangat besar. untuk itu perlu memahami bagaimana cara mengelola minimarket yang benar.

Modal yang digunakan untuk mendirikan sebuah toko atau minimarket sangatlah bervariasi, untuk pemodal kecil baiknya jangan terlalu muluk-muluk, untuk memulai sebuah bisnis minimarket pada tahap awal gunakanlah rumah anda sebagai lokasi anda, dan jangan terlalu banyak barang untuk yang pertama kali.

yang terpenting adalah action, melakukan suatu tindakan, dan yang tidak kalah penting adalah melakukan pembukuan secara rapi. jika anda menulis pembukuan dengan sangat rapi, maka anda bisa mengajukan kredit ke bank.

adapun yang patut di waspadai sebagai pesaing yaitu jaringan minimarket ritail yang saat ini sangat marak di indonesia. hampir di setiap kecamatan terdapat 2 cabang yaitu alfa**** dan indo**** .

jaringan retail alfa**** dan indo**** menggunakan sebuah sistem yang modern, yang pertama adalah penataan display yang memudahkan konsumen mencari barang, kedua kenyamanan dalam berbelanja dengan adanya AC, yang ketiga adalah kelengkapan barang yang di sediakan,  dan yang terakhir adalah kecepatan dalam melayani konsumen.

untuk melakukan hal diatas alfa**** dan indo**** menggunakan sebuah software yang telah terinstal dalam komputer.

Keuntungan menggunakan sebuah software yang terintegrasi pada komputer adalah:

1. Harga Otomatis

siapapun bisa menjadi kasir, dan bahkan anak SD pun bisa menjadi seorang kasir tanpa harus hafal tentang daftra lengkap harga barang yang ada di dalam minimarket tersebut.

Dengan sistem pelabelan yang ditempelkan pada barang (barcode). Harga barang akan terdeteksi secra automatis

2. Stok Barang Otomatis Update

dengan menggunakan sebuah software yang telah terkomputerisasi, setiap barang yang sudah terjual maka stok barang tersebut maka akan otomatis di kurangi oleh sistem.

3. Pembukuan Laporan Penjualan

dengan menggunakan sebuah software, ,aporan penjualan anda akan otomatis terekab, dan kita tidak perlu menggunakan cara manual untuk merekapnya lagi. anda tinggal Klik saja untuk bisa melihat semua catatan histori penjualan toko atau minimarket anda.

4. Pembukuan Laporan Pembelian

sama halnya dengan penjualan, laporan pembelian juga akan otomatis terekap dengan hanya KLIK saja.

5. Pembukuan Laporan Hutang

laporan hutangpun akan muncul jika mengklik menu HUTANG ,anda akan tahu hutang anda yang belum anda bayar dan hutang jatuh tempo dll yang berkaitan dengan hutang kita.

6. Pembukuan Laporan Piutang

pembukuan piutang-piutang konsumen pun kan muncul dan terdeteksi dengan cepat saat menggunakan software yang telah terkomputerisasi.

7.  Pembukuan Rugi atau Laba

semua laporan tentang laba atau rugi toko anda juga sudah terekap pula, anda hanya tinggal memantau kondisi keuangan dari sini.

8. Memeriksa Kekayaan Modal

kita bisa memeriksa kekayaan barang kita dengan mengkonversinya kedalam mata uang rupiah.

9. Manajemen Diskon

dengan software yang terkomputerisasi maka kita juga bisa mengatur berapa persen diskon yang akan kita berikan kepada konsumen

10. Manajemen Member

Adanya sistem ini maka kita bisa memberikan point member, jadi setiap pembelanjaan nanti member akan mendapatkan point, point tersebut dapat di tukarkan dengan barang yang lain.

Banyak sekali manfaat menggunakan SISTEM KOMPUTERISASI. diharapkan dengan sistem ini anda pun suskes mengelola bisnis minimarket anda.

Share this post