Cara Memulai Usaha Kecil

memulai usaha dari kecil memang kelihatannya sangat mudah, namun pada prakteknya sangatlah sulit dan mungkin bisa saja anda menyerah di tengah jalan, berikut ini adalah cara memulai usaha dari kecil.

1. Realistis

Saat anda ingin memulai model bisnis, lihatlah sekeliling anda, bila anda tidak menemukannya, maka anda harus lebih berusaha lebih keras lagi. karena anda belajar dari bisnis yang sudah sukses

2. Bekerjasamalah dengan teman anda

jangan menginvestasikan semua uang anda, karena kebanyakan bisnis adalah perjalanan yang sangat berisiko. jadi jika semua tidak berjalan dengan semestinya, anda tidak akan bangkrut karena dana yang anda investasikan adalah dana patungan dengan rekan anda.

3. Perbudak diri sendiri

Jika anda tidak mau berusaha keras maka wirausaha bukanlah jiwa anda. Pada awalnya pasti anda tidak akan mampu membayar seorang karyawan. sekalipun itu karyawan yang murah. Jadi karyawan anda ya anda sendiri.

4. Hargai Waktu

Beri Nilai Uang pada waktu anda, misalkan saja 15rb/jam , ini akan membantu anda saat mengambil keputusan.

5. Rekrut Karyawan yang Baik

Tanpa memedulikan ukuran usaha anda pada akhirnya anda akan merekrut karyawan dari luar. untuk itu lakukan proses rekrutmen dengan sangat hati-hati . tanpa tergesa-gesa dan lakukan hal itu sepenting saat pertama kali anda memulai sebuah usaha.

6. Jual Kelebihannya jangan Harganya

Pada awal kerja pasti anda sangat frustasi dalam hal memasarkannya, Jika anda menjual barang anda dengan harga maka anda akan mendapatkan harga yang pas-pasan, atau malah di bawah modal. kuasailah komunikasi dengan pelanggan agar anda dapat menjelaskan kenapa harga barang anda sedikit lebih mahal.

7. Ketahui angka dasar

mengetahui berapa banyak uang yang anda butuhkan untuk menjalani usaha, mulai dari sewa toko, listrik, asuransi karyawan, hingga sampai harga tinta printer, kertas dan pajak. lalu bagi semua itu dengan beberapa hari dalam setahun anda akan buka, dan itulah angka dasar-jumlah minimum pendapatan yang anda butuhkan setiap hari. jika anda tidak berpikir tentang angka dasar, coba pikir ulang

8. Gunakan Teknologi terbaru

Teknologi baru seperti aplikasi dan penyimpanan data dengan cloud sangat murah dan membuat perusahaan kecil dapat bersaing dengan perusahaan besar. manfaatkan teknologi rendah biaya yang ada di pasaran.

9. Perlakukan Vendor dengan baik

Perlakuan Vendor dan supplier anda sebaik mungkin, seperti halnya anda memperlakukan seorang pelanggan. mereka bisa saja memberikan diskon berdasarkan besarnya volume pemesanan anda, atau bahkan dengan menjaga hubungan baik, serta berharap ada peningkatan volume di masa mendatang. Hubungan yang baik juga bisa membuat mereka memaklumi keterlambatan membayar. bahkan memberikan pengiriman gratis.

10. Jadilah yang terbaik

Anda tidak boleh setengah-setengah. setiap hal yang anda lakukan untuk klien haruslah yang terbaik. apapun yang anda buat dan jual, haruslah yang terbaik. Lakukan itu terus menerus, dan kekuatan word of mounth akan menyebar.

 

Share this post