Tips Memilih Ide Bisnis

5 Tips Memilih Ide Bisnis

Tips Memilih Ide Bisnis – Tahun ini bukan saatnya menjadi karyawan lagi. Tahun demi tahun, pengangguran semakin bertambah. Bahkan kabarnya sekarang banyak perusahaan besar yang tumbang dan angkat kaki dari negeri ini. Misalkan kamu adalah salah satu dari karyawan perusahaan tersebut, apa yang akan kamu lakukan? Demo? Meminta perusahaan itu kembali dan tetap di negeri ini? Pasrah dan cari pekerjaan lain? “Tidak” kini saatnya kamu ciptakan perusahaanmu sendiri. Jika kamu bertanya “Kenapa harus buka usaha sendiri?” sekarang saya balik bertanya kepada kamu “Kenapa kamu masih ingin jadi karyawan?”. Baiklah kamu punya alasan sendiri, tapi jika kamu setuju dengan pendapat saya bahwa bukan saatnya lagi menjadi karyawan, saya berbagi tips untuk kamu yang ingin memulai usaha. Berikut adalah tip-tips memilih ide bisnis.

  1. Tentukan apa yang kamu sukai.

Pekerjaan tetaplah pekerjaan. Tidak ada pekerjaan yang tidak melelahkan. Tapi setidaknya pilihlah usaha yang sesuai dengan pasioan kamu. Dengan begitu, kamu akan lebih mencintai pekerjaan kamu. Lelah, capek itu memang. Tapi tidak akan berasa lagi jika usaha itu sesuai dengan apa yang kamu sukai. Selain menyenangkan, usaha tersebut sudah kamu pahami.

  1. Pilih salah satu yang mudah dikerjakan dan lebih cepat hasilnya.

Jika kamu punya 2 ide atau lebih dari itu, pilih “salah satu” yang hasilnya lebih cepat. Untuk usaha baru, kamu harus fokus satu dahulu sampai selesai. Tidak bisa memulai dua usaha sekaligus secara bersamaan.

  1. Mempunyai mimpi yang besar.

Mimpi yang besar adalah tujuan kamu. Orang-orang besar diawali dari mimpi-mimpi mereka. Kalau bisa, tulislah mimpi kamu di sebuah kertas dan tempelkan di dinding kamar agar setiap bangun tidur akan teringat mimpi dan tujuanmu. Mimpi-mimpi itu yang akan memotivasi kamu. Selain itu, Mimpi itu yang akan menuntun kemana tujuan usaha yang akan kamu tempuh.

jimat-kesuksesan

  1. Terjun Kelapangan.

Kamu berani terjun langsung kelapangan untuk melakukan rise tapa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Kamu harus tahu apa yang menjadi persoalan di masyarakat. Apa yang masyarakat butuhkan dan yang menjadi persoalan di masyarakat itulah peluang bisnis kamu.

  1. Berani mengambil resiko.

Saat kamu sudah memutuskan untuk menjadi pengusaha, tentu saja kamu juga harus siap dengan resiko apapun yang akan terjadi. Orang-orang yang berhasil diluar sana, mereka berani mengambil resiko, berani melawan arus. Jika kamu ingin sukses, keluarlah dari zona nyaman kamu, disana kamu akan mendapatkan hal-hal baru.

Share this post