rezeki

4 Cara Allah SWT Menurunkan Rezeki

4 Cara Allah SWT Menurunkan Rezeki – Anda mungkin seringkali merasa kekurangan rezeki, bahkan sangat merasa sempit sekali akan mendapatkan rezeki. Itulah manusia, selalu merasa kurang akan rejzeki yang dimilikinya, mempunyai rejeki banyak merasa kurang apalagi, apalagi mempunyai rejeki sedikit tentu snagat jelas akan merasa sangat kurang. Dan yang lebih ironis lagi adalah ketika orang tersebut tidak ingin berusaha untuk mendapatkan rezeki, atau mereka malas mencarinya dengan alasan “rezeki sudah ada yang ngatur”. Dengan pemahaman demikian meeka hanya berpangku tangan, kalau pun bekerja mereka tidak berusaha dengan keras, karena pemahaman mereka sekeras apa pun usaha mereka toh rezeki yang mereka dapatkan sudah ada takarannya sendiri. Tetapi apakah Islam mengajarkan untuk mencari rezeki dengan cara demikian?

Banyak sekali dalam Alquran maupun Hadist yang menerangkan bahwa rezeki harus di jemput dengan usaha-usaha keras atau ikhtiar. Jadi setiap makhluk wajib menjemput rezeki mereka sendiri begitulah kata Allah SWT. dalam sebuah ayat.

Baca Juga : Doa untuk Menarik Rezeki

Ada setidaknya 4 ayat Allah SWT mengatakan bahwa rezeki di dapatkan melalui usaha-usaha atau istilah lainnya kita sendiri yang harus menjemput. Coba perhatikan dibawah ini :

  1. Rezeki yang dijamin Allah SWT.

“Tidak suatu binatangpun yg bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin oleh Allah rezekinya.”(QS. Hud: 6).

Artinya : Allah akan memberikan kesehatan, makan, minum untuk seluruh makhluk hidup di dunia ini. Ini adalah rezeki dasar yang terendah.

ilmu-pesugihan

  1. Rezeki yang didapat sesuai usaha

“Tidaklah manusia mendapat apa-apa kecuali apa yang telah dikerjakannya”. (QS. An-Najm: 39).

Allah SWT. akan memberikan rezeki sesuai apa yang dikerjakan oleh makhluknya. Jika ia bekerja selama dua jam maka rezeki yang ia dapatkan maka sesuai takarn dua jam. Jika ia bekerja lebih dari itu maka takarannya pun sesuai dengan rejeki. Jika orang tersebut kerja lebih lama, dan orang itu berilmu, sungguh-sungguh maka dia akan mendapatkan rejeki lebih banyak. Tidak hanya orang muslim saja yang mendapatkan ini, bahkan non muslim jika berusaha dengan keras akan mendapatkannya juga.

  1. Orang yang pandai bersyukur akan mendapatkan rejeki yang lebih

“… Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7)

Orang yang mendapatkan rezeki yang lebih adalah orang yang pandai bersyukur kepada Allah SWT. Ini termasuk rezeki yang sangat baik, dan orang seperti ini akan disayang oleh Allah SWT. Ini adalah janji Allah, orang yang pandai bersyukur adalah orang yang dijanjikan rezekinya yang lebih dan mendapatkan kasih sayang Allah SWT.

Selain itu orang yang pandai bersyukur akan mendapatkan kebahagiaan, kesejahteraan dan ketentraman serta rezeki yang lebih, bertambah dan terus bertambah. Usahanya akan sukses karena Allah SWT. yang akan menambah selalu.

  1. Orang yang bertawakkal dan beriman kepada Allah SWT. akan mendapatkan rezeki yang tidak disangka-sangka dari segala penjuru arah.

“…. Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yg tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS.Ath-Thalaq:2-3)

Ini adalah urutan rezeki yang paling istimewa, karena tidak semua orang bisa melakukan bahkan meraihnya. Rezeki ini sangat istimewa, karena orang tersebut mampu mendapatkan rezeki yang tidak disangka-sangka dari segala arah. Entah rezeki yang didapatkan ini orang tersebut dalam keadaan terhimpit, benar-benar membutuhkan atau bahkan dalam keadaan biasa saja namun selalu mendapatkan rejeki yang secara tiba-tiba.

Rejeki istimewa ini ada karena berkah hadiah dari Allah SWT. Rejeki ini di hadiahkan khusus bagi Anda yang bertakwa kepadaNYA.

Itulah 4 Cara Allah SWT. Menurunkan Rezeki Kepada Anda Jadi, alangkah baiknya mulai sekarang kita lebih mendekatkan diri dengan Allah SWT. beriman, bertakwa serta ikhtiar yang tidak ada habisnya agar memperoleh kenikmatan-kenikmatan dari Allah SWT. baik berupa kesehatan maupun rejeki yang melimpah.

 

Share this post