Rahasia Sukses Chairul Tanjung si Anak Singkong

rahasia sukses chairul tanjungRahasia Sukses Chairul Tanjung si Anak Singkong – Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar nama Chairul Tanjung? Tentu Anda sudah mengenalnya bukan? Beliau adalah contoh kisah sukses yang perlu Anda ketahui, di mana kisah sukses beliau sangat tidak begitu masuk akal, karena apa yang menjadi kehidupan dia dulu justru berubah 100 derajat berubah total seperti sekarang ini. Lalu apa yang menjadi rahasia beliau menjadi sukses dan kaya seperti saat ini? Pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi mengenai kisah sukses beliau. Kenapa harus Chairul Tanjung? Bukankah ada cerita kisah sukses tokoh lain? Coba dibayangkan saja, Chairul Tanjung saat ini adalah pemilik Trans TV, Trans Studio, Trans 7, Bank Mega dan sebagainya. Tentu ini menjadi sebuah rekor yang istimewa bagi kita semua. Dan yang perlu ketahui lagi, bahwa beliau semasa kecil adalah dari golongan bawah. Kenapa bisa sampai sehebat sekarang?

Chairul Tanjung di lahirkan sebagai anak singkong, dia dari golongan tidak kaya. Rumahnya semasa kecil berada di rumah petak dengan WC terpisah dari rumah. Anak dari keluarga bawah bisa menjadikan suskes dan kaya? Iya, Chairul Tanjung dari kecil dikenal sebagai orang yang gigih dalam segala hal. Dan singkat cerita berkat kegigihan dan kepintarannya dia berhasil di terima Fakultas Pendidikan Dokter Gigi di Universitas Indonesia.

Jiwa usaha Chairul Tanjung dimulai ketika menjadi mahasiswa UI. Itu terlihat ketika dia sering menjual fotokopian kepada teman-teman kampusnya. Dan dari hal tersebut beliau berhasrat menjadi dan menekuni bisnis atau usaha, akibatnya dia mengesampingkan sebagai jadi dokter gigi. Sebenarnya hal ini dilakukan pun karena mengingat biaya kuliyahnya cukup besar. Dia pun pernah membuka usaha fotokopian di kampus, jualan kaos, jualan buku stensilan. Dulu dia juga pernah mendirikan toko di daerah senen raya, Jakarta Pusat, disitu beliau bejualan toko peralatan kedokteran dan laboratorium. Tetapi sayangnya usahanya ini gagal.

Walaupun jiwa pengusaha melekat pada dirinya, urusan kuliyah beliau pun tetap konsisten, nyatanya Chairul Tanjung lulus di fakultasnya sebagai dokter gigi Universitas Indonesia. Setelah lulus beliau mencoba mendirikan perusahaan yang lebih besar. Dia bersama tiga temannya patungan kurang lebih 150 juta (hasil meminjam dari Bank Exim) . Perusahaan yang mereka dirikan bernama PT Pariarti Shindutama pada tahun 1987. PT ini memproduksi sepatu anak-anak untuk di ekspor. Berkat kerja keras yag cukup luar biasa akhirnya perusahaan ini mendapat pesanan 160 ribu pasang sepatu daru Italia. Akan tetapi karena ada konflik internal perusahaan (ada perbedaan mengenai ekspektasi dan visi) akhirnya Chairul Tanjung memutuskan pisah dari PT tersebut dan lebih memilih mendirikan usaha sendiri.

Bisnisnya semakin berkembang, karena Chairul Tanjung dikenal sebagai orang yang piawai membangun jaringan dan berorganisasi, sehingga nilainpostif dari usahanya ini adalah bisnisnya berkembang dengan sangat pesat. Bisnis yang di dirikan berorientasi pada properti, multimedia dan keuangan.

Tidak sakmpai disitu, dia juga mendirikan sebuah perusahann yang bernama PARA GROUP. Perusahaan Konglomerasi ini mempunyai Para Inti Holdindo sebagai fatherholding company, yang membawahkan beberapa sub-holding, yakni Para Global Investindo (bisnis keuangan), Para Inti Investindo(media dan investasi) dan Para Inti Propertindo (properti).

Beberapa prestasi Para Group antara lain :

  • Bandung Supermall. Mal seluas 3 hektar ini memakan dana 99 miliar rupiah. Para Group meluncurkan Bandung Supermall sebagai Central Business District pada 1999.
  • Di bidang investasi pada tahun 2010, Para Group melalui anak perusahaannya, Trans Corp., membeli sebagian besar saham Carefour sejumlah 40 persen. Dan kesepakatan ini deal melalui MOU (memorandum of understanding)pada tanggal 12 Maret 2010 di Prancis.

Berkat kejayaan ini Chairul Tanjung di liput oleh majalah FORBES pada tahun 2010, karena dia di nobatkan sebagai orang terkaya nomor 937 didunia dengan jumlah kekayaan mencapai US$ 1 miliar. Dan pada tahun 2011 beliau di nobatkan sebagai orang terkaya nomor 11 di Indonesia dengan total kekayaan US$ 2,1 miliar.

Pada tanggal 1 Desember 2011, Chairul Tanjung meresmikan perubahan Para Grup menjadi CT Corp. CT Corp terdiri dari tiga perusahaan sub holding yaitu :

  • Mega Corp
  • Trans Corp
  • CT Global Resources

Sampai saat ini perusahaan beliau bekerja di bidang layanan finansial, media, ritel, gaya hidup, hiburan, dan sumber daya alam.

Semoga dengan cerita singkat di atas bisa menjadikan kita lebih semangat menjalani hidup, termasuk dalam usaha bisnis. Selain usaha Lahir, juga harus di imbangi dengan usaha Batin untuk meraih kesuksesan. Jangan takut kegagalan, justru kegagalan-kegagalan merupakan proses pembelajaran menuju ke arah yang lebih baik. Tidak selamanya kisah sukses seseorang selalu di barengi dari keluarga yang mampu, siapa saja bisa sukses asalkan mau bekerja keras, belajar dan belajar. Kalau Chairul Tanjung bisa sukses kenapa kita tidak, kita pasti bisa sukses. Semoga kita sukses semua dan menjadi cerita kisah sukses untuk orang lain. Semoga bermanfaat!

Share this post